Friday, October 10, 2008
Cooking is a Blessing
Terinspirasi baca blognya Agung temen gue, jadi pengen juga cerita sedikit tentang my innermost talenta yang terpendam...the cooking experience! hahaha...gaya banget ngga sih? Tapi serius....

Dari jaman gue kecil, maen masak masakan has been one of my favorite activity, sampe tetangga tetangga gue harus extra hati hati sama taneman tanemannya yang suka gue jadiin 'bumbu' untuk masakan make believe gue. Cabut sana cabut sini, potong sana uleg sini, well..i'm a pro dude! Semua ini berawal dari banyaknya cook di rumah gue. Jadi dari kecil gue udah tereksposed banget sama kegiatan masak memasak. Mulai dari Mbah Mama -nenek gue dari nyokap- yang notabene head chef di pejompongan (tempat gue tinggal waktu kecil), sampe Wak Ijoh, head bebong di sana. Everyone cooks. Even Mbah kakung dengan menu andalannya "Ayam Kodok" wetttts.....jangan ketawa dulu, itu bukan gue sembarang sebut nama,men... tapi beneran nama dish yang bahan dasarnya ayam. the tricky part is, tu ayam harus dikuliti sedemikian rupa, daging dan tulangnya dipisahin, trus kulitnya di stuffed sekali lagi dengan adonan stuffing yang isinya entah apa soalnya macem macem banget dan tahap akhir dijahit lagi supaya rapijali dan siap dipanggang! Pfiuhhh...now THAT's hard work, people...jangan coba coba suruh gue bikin one of those, karena gue type chef yang mengagungkan gaya masak cemplang cemplung yang non-artistik! Soal rasa boleh tanya, tapi rupa?? waaah nggak janji deh, bo!

Gue grew up males masak kalo nggak 'kepepet', ya karena banyak cook yang lebih jago dan berpengalaman disekitar gue itu tadi...sampai moment 'kepepet' itu pun finally datanglah...gue tinggal jauh dari keluarga dan musti masak sendiri. Ugh! banyak pengalaman unik yang terjadi berkaitan sama drama masak memasak ini. Gue pernah cukup ngetop sebagai 'chef' rantangan gara gara gue suka masak banyak sekalian trus gue jual jualin ke temen temen gue, supaya buntutnya gue bisa makan gratis cuma modal capek! heheheh...i knowww gue ternyata berjiwa bebong juga yaaa...? habis coba pikir deh, kalo kita masak rendang, misalnya...masak cuma dua potong sama 10 potong kan pasti capeknya sama juga, ya nggak? so gue duitin aja sekalian! haha...kalo orang cina kawin ama orang yahudi anaknya pasti kayak gue...wehehehe bisniswoman by heart.

Gue pernah belanja 5 kilo jeroan sapi langsung dari slaughter house di London, karena gue mau bikin rendang buat para 'pelanggan' gue...sampe gue ditanya: (sorry, coy...gue loosely translate aja yah biar lebih cihuy percakapannya :))
"bo-bo...buat apaan bo beginian lo beli banyak banyak?" mereka bingung juga, soalnya di sana orang orang nggak makan 'jeroan' sapi dan benda benda tersebut dijual murah karena di considered (siap siap, yaa..) sebagai dog food (!) Anyways, karena males njelasin banyak banyak dan panjang lebar gue cuma nyengir dan bilang: "Yoi, Bo...gue punya anjing 5 gede gede di rumah " dan gue pun berlalu....sampe flat gue, flat mates gue bilang jangan bawa masuk tuh benda benda horor (berhubung some of them masih berdarah darah) ke dalem rumah, so gue ended up nyuci dan ngebersihin semua itu di lawn tempat kita bisa nyuci mobil...pas udah looking rada 'cantik'an baru deh gue bawa masuk dan siap siap gue proses untuk dimasak...hehehehe, see what i went through for my joy of cooking??? (err...and of course for some delicious looking poundsterlings too :p)

Lain lagi waktu salah satu flatmate gue yang orang indonesia lagi hamil dan ngidam pengen makan sambel terasi...berhubung gue anaknya berjiwa pleasing dan pada dasarnya baek...(hihihihi...ga papa dong sekali kali ninggiin mutu) maka gue bilang: "tenang aja mbak...nanti aku cariin deh ya" dan pergilah gue on a quest of looking for terasi buat mbak Dian. Gue nguuuuuuuubek2 pasar, chinatown dkk...seharian penuh, sampe pada akhirnya gue nemu seonggok terasi ikan (bukan udang kayak yang mostly dipake di indonesia) seharga 12 poundsterling! itupun produk vietnam, bukan terasi indonesia, tapi ya sudahlah....daripada anaknya Mbak Dian jadi ngileran kan??? hehehhe...
Sesampenya gue di rumah gue cerita gima susahnya nemuin ni terasi jahanam, dan langsunglah kita memandang terharu si terasi itu...udah kayak liat emas aja deh pokoknya...maka kita pun setuju, mari bikin sambel terasi buat dinner malam nanti! maka si terasi pun dikukuslah, (soalnya bentuknya rada cair kayak petis jadi nggak bisa digoreng)aroma khas terasi pun mengambang diudara...kita kita yang kangen sama sambel langsung dreamy gitu...lumayan mengobati home sick. Sampe kedengeran bel di pintu depan. Guess what, kawans...2 orang polisi masuk dan meriksa rumah, karena ada tetangga yang ngaduin kita, dan nuduh jangan jangan kita nyimpen mayat di dalem rumah! Ampuuuun deeeeeeeeeeeeeeh...you bloody brits. hahahhaha...kacawww.... :) Nggak lagi lagi deh...

Nggak habis habis deh kalo mau dikorek pengalaman aneh gue soal masak masak ini. Nah sekarang as you know gue ada Neng Las yang notabene udah jadi tangan kanan gue dalam most of the things, salah satunya ya masak ini...gue tinggal bilang, "Neng..pengen makan sop kacang merah deeeh..." trus kasih uang belanja trus ntar malemnya makan sop kacang merah deh buat dinner... Aaah, that's the beauty part of having a wonder bebong! Sometimes gue tetep enjoy si masak-masak apalagi kalo ada something special, soalnya suami gue kan model model yang agak 'sulit' di please soal makanan...dia kalau liat makanan yang dia nggak sehati, lebih milih buat nggak makan...nggak kayak istrinya tercinta, yang daripada laper, apa juga dimakan :p tapi yang agak bikin gue flattered, Iman si "picky eater", merasa cocok sama mostly masakan gue! huhuhuhu....hidung mengembang deh kalau dia udah bilang,"enak ni ndut...kayaknya bisa dijual deh" some of my cooking yang Iman suka tuh lasagna gue, missisippi mud pie (cake coklat yang disiram melted chocolate), daging lapis telur bumbu semur, sup buntut sama i fu mie. Tapi paling-paling gue masak heboh heboh kalo dia minta aja, atau pas week end, soalnya susah nyari waktunya euy...

aaaaaaaaaah, kapan yaaa bisa masak masak lagiii? bikin masak bersama yuuk? ;)

Labels: , ,

posted by shantz at 7:50 PM -
4 Comments:
  • At October 11, 2008 at 11:56 PM, Blogger Yuska said…

    sure, babe...hahahha...i surely can do that damny thing now hahhahah

     
  • At October 12, 2008 at 12:24 AM, Blogger shantz said…

    ayoooo atur yuuk? ajarin masakan korea yaaa..... :D asal anne jangan disuruh masak...nanti dia bikin hashbrownies lagii :p

     
  • At October 17, 2008 at 10:45 AM, Blogger Yuska said…

    mending makan di resto korea deh sebagai pembuka, gimana? ada resto korean BBQ endang di arang22, ntu tuuuh, di hook pas ujung SCBD yg mau ke senopati

     
  • At October 18, 2008 at 2:16 AM, Blogger shantz said…

    Waaah deket kantor gue tuh Ke...gue suka makanan korea, just i dunno what to order, ntar kayak gue makan india, asal tunjuk, yang muncul kare semua! gatot! yuk kapan giliran korean nih??

     
Post a Comment

About Me
Name: shantz
Home:
Jakarta, Bekasi, Indonesia
About Me:
simple-bawel-nyengir-ketawa gila,cicip-cemal-cemil lover, food addict,sing-a-long freak...all that made me ...ME
See my profile...

Previous Post
Archives
Links
Credits


background by tayler