Sunday, October 12, 2008
READ- and you shall know stuff.....

Hmmm...gue udah nggak inget kapan pertama kali gue bisa baca..yang jelas gue sampeeee sekarang sangat suka dan menikmati banget kegiatan yang satu ini. Baca apa aja nggak perlu yang berat berat, kadang-kadang on the way ke kamar mandi (to do 'you know what' yang ngga perlu gue jelasin disini kan..)gue selalu trying to grab something to read, kadang komik, kadang selebaran belanja-nya si mama, kadang majalah atau koran. Apa aja, pokoknya sesuatu yang bisa dibaca...

Gue inget waktu kecil, jamannya anak anak dibeliin barbie-barbiean, bokap nyokap malah encourage gue buat beli buku. kalo buat beli buku, boleh banyak banyak, tapi barbie? think twice...are you sure? Minimal sebulan sekali kita pasti ke toko buku, pada saat itu Gunung Agung di Kwitang lagi jaya jayanya. Dulu buku kesukaan gue berjenis komik, model Asterix & Obelix, Nina, Lucky Luke, Steven Sterk, sampai nggak ketinggalan gue langganan Mimin dan Donal Bebek! Sampai gue berkenalan sama bukunya Laura Ingalls Wilder, si pengarang Little House series...Oh-my-gue nggak bisa ceritain how those books changed me. Gue jadi ketagihan baca, picturing all those incredible stories up my head...secara buku bukunya berbentuk descriptive novel yang sangat minim dalam pengadaan gambar. But I totally fell in love with reading ever since!

Satu demi satu novel novel little house gue lahap, sampe saat ini gue masih inget beberapa scene yang terus hidup di kepala gue, nih ya...salah satunya moment si Laura baru pertama kalinya makan permen lolly. Haduuuh, kayaknya gimanaaaaa gitu! Diceritain gimana dia mau ngejilat permennya sering sering aja sayang, takut permennya cepet habis. hihihi... lucu banget kan? Terus gue kebayang gimana mereka harus jalan kaki 10 km buat ke sekolah setiap hari, even in the snow...buat gue yang pada saat itu 'anak jaman sekarang' yang kesekolah 2 blok dari rumah aja naik becak, things like that sure is interesting!

Gedean dikit gue mulai baca novel-nya Astrid Lindgren, penulis swedia yang gaya nulisnya 'asal' banget. Tapi gue suka. Very imaginative dan lugas. salah satu series yang gue suka tentunya Pippi Longstocking, The Bullerbyn Kids dan Si Bandel. Seru banget deh petualangan petualangannya. Terutama si Pippi dengan sahabat sahabatnya Mr. Nielssen the monkey dan kudanya.

Terus, anak anak pada masa itu pasti kenal, minimal tau buku bukunya Enid Blyton, penulis asal Inggris yang ngetop sama seri 5 sekawan, pasukan mau tahu, dan Mallory Towers-nya...you name it, pasti gue pernah baca bukunya. hehehhe...sotoy banget ya gue? tapi seriously, I was and still am a big fan of hers. Gue suka caranya Enid ngebangun story line. Another one of my favorite from her books are the magic faraway tree series, sayangnya waktu gue kecil buku seri ini nggak diterjemahin ke bahasa Indonesia.

Masa remaja gue juga diisi sama berbagai macam bacaan, yang cukup berkesan buat gue adalah Lupus tokoh karangan Hilman Hariwijaya, dan cerpen cerpennya Zara Zettira Zr. hahhaha...see, I even remembered their names, dude! Gue juga suka buku bukunya Judith Blume yang menurut gue sangat jujur dan buat remaja ting ting alias under 15 years old buku bukunya informatif sekali. Salah satu bukunya Judith yang fenomenal adalah: God, it's me Margareth. Ni buku ngebantu gue get through my first period dan gue bisa ngerti kenapa si Margareth dalam buku ini freaking out :) hehehe. I could soooooo relate to her back then.

Later on gue mulai baca (which is rada ketelatan buat umur gue yang udah masuk teens di masa itu) tulisan tulisannya Roald Dahl, he's brilliant! gue suka banget imajinasinya dia yang 'gila'. Liat aja Charlie and the chocolate factory, atau The Witches atau Matilda! Waaaah....keren deh. sampe sekarang juga gue masih nikmatin banget his work. As a grown up, gue suka autobiography-nya dia yang judulnya Boy.

However...anak anak jaman sekarang lebih suka 'nonton' film yang diangkat dari buku daripada baca bukunya sendiri...that's sad...soalnya, as a reader, gue suka ngerasa nggak puas sama buku yang di film-in, soalnya ngga sesuai sama yang gue gambarin di kepala gue aja. Ya tokohnya, lah, ya jalan ceritanya...bagusnya sih kalau mereka udah nonton filmnya, teteup semangat baca bukunya...so they can form their own judgement...tapi....ahhh pasti nggak akan sama deh! hehehe... but hey, this is the globalization era, mau apalagi..it's bound to happend. I just wish, anak anak (terutama anak Indonesia) lebih excited about books seperti jaman gue dulu,that's all...

So, di kelas, gue seneng banget anak anak diexposed ke buku dari umur yang muda banget, mereka dibiasain peer reading, looking at books, daily book borrowing, finding answers through research on books so they can and will develop their love for books, their passion for reading...that's gonna be my goal.

Ayo dong, ya...kita ajak anak anak kita seneng baca dari sekarang...here's my magic word : "READ-and you shall know stuff" hehehhe...


....happy reading....

Labels: , , , ,

posted by shantz at 3:42 PM -
0 Comments:
Post a Comment

About Me
Name: shantz
Home:
Jakarta, Bekasi, Indonesia
About Me:
simple-bawel-nyengir-ketawa gila,cicip-cemal-cemil lover, food addict,sing-a-long freak...all that made me ...ME
See my profile...

Previous Post
Archives
Links
Credits


background by tayler